Pages

Feed RSS

Fabio Capello Mundur Setelah Euro 2012

on Kamis, 07 Juli 2011

Fabio Capello Mundur Setelah Euro 2012

LONDON - Pesona Fabio Capello sebagai pelatih sukses dan bertangan dingin belum habis. Namun, faktor usia membuat dia mulai berpikir memungkasi karirnya di sepak bola. Capello menegaskan, dia akan pensiun usai mengantar Inggris berlaga di Euro 2012 di Ukraina dan Polandia.


Pernyataan ini sekaligus menghapus banyak spekulasi, bahwa dia akan kembali menangani klub Italia setelah kontraknya dengan timnas Inggris habis. Tapi, dua tahun lagi dia akan berusia 66 tahun, dan Capello menganggap usia itu sudah terlalu tua untuk bekerja berat.

"Sayangnya, saya sudah terlalu tua dan tidak punya banyak waktu. Ini (menangani timnas Inggris, Red) akan menjadi pengalaman terakhir saya di bench," ungkap Capello kepada La Gazzetta dello Sport.

Capello punya sejarah yang sangat panjang di sepak bola. Pria kelahiran San Canzian d"Isonzo itu mengawali karir sebagai pemain di tim amatir SPAL. Dengan bakat luar biasa, Capello yang bermain sebagai gelandang memikat klub-klub besar. Selama musim 1967 hingga gantung sepatu pada 1980, dia mengukir prestasi di AS Roma, Juventus, dan AC Milan.

Kendati demikian, kolektor 32 caps bersama timnas Italia itu baru merintis karir sebagai allenatore sebelas tahun setelah pensiun dari pemain. Meski minim pengalaman, Capello langsung mempersembahkan gelar scudetto buat AC Milan di musim debutnya, plus tiga gelar juara lagi di musim-musim selanjutnya. Catatan itu dilengkapi dengan gelar Liga Champions (1994) dan Supercopa Eropa (1994).

Capello kemudian dikenal sebagai pelatih spesialis tim elite. Lepas dari Milan, dia menangani Real Madrid, AS Roma, dan Juventus. Dia juga sempat kembali ke Milan dan Real. Dia menyumbang gelar di setiap klub yang ditangani.

Hanya saja, kesaktian Capello mendapat ujian saat menangani Three Lions, sebutan Inggris. Sempat tampil hebat di kualifikasi dan uji coba, Wayne Rooney dkk melempem di Piala Dunia 2010 dan hanya mampu mencapai 16 Besar. Dia mencoba membayar utang prestasi dengan membawa Inggris terbang tinggi di Euro 2012.

"Saat ini, yang saya pikirkan hanya Euro 2012. Dan setelah itu saya akan pensiun," tegasnya. (na)
sumber : http://www.jpnn.com/index.php/authentication/flash/201003/lowongan/images/iklan/pustaka.php?mib=berita.detail&id=74729


I Hope Coming from google with keyword EURO 2012 OR Piala Eropa 2012 : Euro Cup 2012 | Piala Eropa 2012 , Grand Opening Euro 2012

2 komentar:

Posting Komentar